Air Terjun Kedung Kayang: Menawan, tapi Menyimpan Banyak Cerita Mistis

Jernih, segar, dan memesona! Sekilas, nggak ada yang aneh dari Air Terjun Kedung Kayang di Magelang. Nggak hanya menyimpan keindahan, air Terjun Kedung Kayang juga menyimpan pelbagai cerita mistis yang bikin merinding. Hiii!

Air Terjun Kedung Kayang: Menawan, tapi Menyimpan Banyak Cerita Mistis
Air Terjun Kedung Kayang. (Traveloskyholiday)

Inibaru.id – Sebagai salah satu tujuan wisata, Kabupaten Magelang nggak hanya menarik minat wisatawan lewat Candi Borobudur saja. Di kabupaten ini, terdapat pula air terjun yang indah. Air terjun yang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, itu bernama Air Terjun Kedung Kayang.

Dengan tinggi sekitar 40 meter, Air Terjun Kedung Dayang nggak hanya menyimpan keindahan, tapi juga cerita mistis. Konon, di sanalah tiga empu bernama Empu Putut, Empu Khalik, dan Empu Panggung beradu kekuatan.

Legenda menyebutkan mereka bertaruh siapa yang bisa melempar telur ke kedung tanpa pecah, dialah pemenangnya. Saat telur-telur itu dilempar, ketiganya pecah dan masuk kedung.

Keanehan lantas terjadi. Pecahan telur nggak ditemukan dan mata air justru muncul di sana. Inilah asal-usul terciptanya Air Terjun Kedung Kayang.

https://davolutionsite.files.wordpress.com/2018/09/img_2839.jpg?w=1400&h=9999

Air Terjun Kedung Kayang. (davolutionsite.wordpress)

Selain cerita itu, ada cerita mistis lain yang tersebar. Pada malam Jumat Kliwon di bulan Suro, alunan gamelan terdengar nyaring di air terjun ini. Selain hari itu, Kamis Wage juga menjadi hari pasaran yang dikeramatkan. Sekawanan kera konon pernah muncul di Air Terjun Kedung Kayang pada hari itu. Duh, bikin merinding ya.

Kalau takut mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang, ajak teman-temanmu ke sana! (IB15/E03)