Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Lawu Karanganyar Itu Bernama Air Terjun Jumog

Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Lawu Karanganyar Itu Bernama Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog di Karanganyar, Jawa Tengah. (Landscaper/Fendysapto)

Nggak hanya punya sejumlah candi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah juga memiliki beberapa air terjun yang menawan. Salah satunya adalah Air Terjun Jumog yang disebut-sebut sebagai surga yang hilang.

Inibaru.id – Selama ini, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terkenal dengan kawasan Tawangmangu saja. Padahal, ada banyak surga tersembunyi di kabupaten sebelah timur Surakarta ini. Salah satunya adalah Air Terjun Jumog yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Air Terjun Jumog terletak di kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah. Lokasi air terjun yang ada di kawasan gunung membuat salah satu wisata favorit di Karanganyar ini berhawa sejuk.

Lokasi Air Terjun Jumog. (Tempatwisatamu)

Untuk mencapai air terjun yang berada di balik tebing, kamu perlu melewati 116 anak tangga. Jarak antara gerbang masuk dan air terjun sekitar 100 meter. Kendati begitu, kamu nggak akan kelelahan atau kepanasan karena hamparan pepohonan rindang di sepanjang jalan bakal memanjakan matamu.

Saat mendekati titik lokasi air terjun, suara gemericik air akan semakin terdengar jelas. Bila lelah, kamu bisa beristirahat di bangku-bangku tepi sungai yang sudah disediakan. Kamu juga bisa menggelar tikar di tepi sungai sambil menikmati indahnya pesona Air Terjun Jumog dan sungai beningnya yang mengalir tenang. Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan pelangi di air terjun.

Kolam renang anak. (Kompas)

Bagi kamu yang berlibur bersama adik kecil atau anak, nggak perlu khawatir. Kawasan Air Terjun Jumog juga dilengkapi dengan wahana permainan anak seperti jungkat jungkit, ayunan, dan bola panjat. Ada juga kolam renang anak lengkap ember tumpahnya di daerah dekat gerbang masuk.

Di kolam renang itu, tersedia toilet dengan air hangat, kamar ganti, gazebo, dan beberapa warung makan. Warung-warung makan tersebut menawarkan beragam makanan seperti mi dadak (mi instan), gorengan, sate ayam hingga sate kelinci, serta minuman hangat lainnya.

Bagi sobat Millens yang pengin bermalam di sekitar kawasan, ada beberapa rumah warga yang bisa dijadikan home stay untuk menginap, kok. Tarif per malamnya cukup variatif, mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu, bergantung fasilitas yang disedikan.

Jika kamu tertarik datang ke Air Terjun Jumog, kamu bisa mengikuti rute dari Kota Surakarta, yakni melalui Jalan Raya Solo-Tawangmangu ke arah timur dan masuk ke Jalan Lawu. Terus ikuti jalan ke arah timur dan masuk ke Jalan Karangpandan-Ngargoyoso. Belok kanan, sekitar 100 meter ke depan belok kiri ke Sesong Adventure. Nggak jauh dari sana belok kanan dari Masjid Al Ibrol. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam 9 menit dengan jarak sekitar 37,5 km. Jalan menuju ke Air Terjun Jumog cukup ekstrem karena berkelok dan naik turun. Jadi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, ya!

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB. Harga tiketnya juga murah meriah, hanya Rp 5 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 15 ribu untuk wisatawan asing. Cocok nih untuk menghabiskan liburan akhir pekan, Millens. (IB07/E04)