Air Terjun Gulingan dan Tiga Curug yang Menjadi Satu di Grobogan

Air Terjun Gulingan dan Tiga Curug yang Menjadi Satu di Grobogan
Air Terjun Gulingan (Ksmtour)

Selain gua, keindahan alam yang kerap tercipta di pegunungan karst adalah air terjun. Nah, Pegunungan Kendeng di Grobogan, Jawa Tengah, juga memiliki keindahan ini, salah satunya yang kini menjadi tempat wisata, yakni Air Terjun Gulingan.

Inibaru.id – Lokasi tersembunyi membuat curug ini cukup bersih dan asri. Di tempat tersebut, pada tebing yang sama, kamu bisa menyaksikan tiga air terjun sekaligus. Ketiganya menjadi satu kesatuan dengan nama Air Terjun Gulingan, grojogan yang kini menjadi salah satu lanskap Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Ehm, memang, untuk mencapai lokawisata ini, kamu mungkin perlu sedikit berkeringat. Berlokasi di Dusun Sandi, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, kamu memerlukan waktu sekitar 30 menit berkendara atau sekitar 15 kilometer dari pusat kota menuju Air Terjun Gulingan. Setelahnya, kamu juga perlu berjalan kaki sejauh dua kilometer lagi. 

Namun, semua pengorbanan itu bakal terbayarkan begitu kamu tiba di sana. Jika beruntung, ada tiga air terjun yang akan menyambutmu: Air terjun paling deras dengan tinggi 30 meter, lalu yang beraliran sedang setinggi 20 meter, dan yang paling kalem setinggi 15 meter.


Segarnya Air Terjun Gulingan lebih dekat. (Beritasatu)

Berada di lokawisata tersebut, nggak hanya air terjunnya yang bakal memikatmu. Bukit karst Kendeng Utara yang ditumbuhi pepohonan juga membuat suasana lebih syahdu. Sembari ciblon atau sekadar bermain air, kamu bisa menikmati pemandangan yang eksotis, cukup dengan membayar sebesar Rp 3.000 perak!

Namun, kamu jangan berharap banyak pada fasilitas pendukung di tempat ini ya, Millens. Lantaran belum dikelola secara profesional, Air Terjun Gulingan nggak banyak menawarkan fasilitas seperti tempat makan atau MCK. So, be prepared!

https://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/910x580-2/1431449285.jpg

Nyebur lebih asyik! (Beritasatu)

Jika punya waktu cukup longgar, ada baiknya kamu datang ke sini pada weekday karena lebih sepi, mungkin sekitar 50-an orang saja. Sementara, pada akhir pekan, jumlah pengunjungnya bisa meningkat hingga mencapai 200-an pengunjung.

Tertarik ke Grobogan? Biar nggak merasa sepi, kamu bisa datang ke sini bersama teman, sahabat, atau partner hidupmu. lalu ukirlah kenangan berlatar Air Terjun Gulingan nan eksotis ini! Ha-ha. (MG26/E03)

Baca Juga: Klasik dan Langka, Mencicipi Makanan Kampung di Restoran Semarang