Biar Nggak Hipotermia Pas Upacara HUT RI di Puncak Gunung, Jangan Lupa Bawa Ini!

Biar Nggak Hipotermia Pas Upacara HUT RI di Puncak Gunung, Jangan Lupa Bawa Ini!
Para pendaki melangsungkan upacara kemerdekaan RI di puncak gunung. (Okezone.com)

Cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung di pegunungan hingga Agustus ini. Nah, buat kamu yang pengin naik gunung untuk mengikuti upacara HUT ke-73 RI, jangan sampai terkena hipotermia, ya! Persiapkan perlengkapan ini!

Inibaru.id – Perubahan cuaca terjadi dalam beberapa bulan terakhir, terutama di dataran tinggi seperti yang berlangsung di Dieng, Jawa Tengah, belum lama ini. Suhu udara yang mendadak turun hingga di bawah nol derajat Celsius sempat membuat sejumlah wisatawan mengalami hipotermia atau kesulitan mengatur suhu tubuh.

Hipotermia memang menjadi ancaman serius bagi para pencinta alam bebas, khususnya pegunungan. Kesulitan mengatur suhu tubuh pada tekanan suhu dingin umumnya membuat pendaki drop dan suhu tubuh di bawah normal. Badan pun menggigil dan kehilangan banyak energi. Dalam kondisi terparah, hipotermia ini berbahaya sekali.

Menjelang HUT ke-73 Republik Indonesia, nggak sedikit pendaki memutuskan mengikuti upacara di puncak gunung. Mungkin kamu salah seorang di antaranya. Nah, biar kamu terhindar dari hipotermia saat naik gunung, jangan lupa bawa perlengkapan berikut ini., ya, Millens. Apa saja?

Jaket Gunung dan Jas Hujan

Gunakan jaket yang melindungi dari angin dan air. (pinimg.com)

Jaket gunung merupakan jaket antiair dan antiangin. Namun, sebisa mungkin, tetap hindari kontak dengan air. Jadi, ketika hujan turun, kamu tetap harus mengenakan jas hujan yang menutupi hingga kaki, ya! Ini agar pakaianmu nggak basah.

Terus, jangan sepelekan hujan sekecil apapun. Dikutip dari jejakpendaki.web.id, banyak pendaki mengalami hipotermia justru karena awalnya menyepelekan gerimis. Padahal, hujan rintik itu justru memicu hipotermia.

Celana Lapangan Quick Dry

Pilih celana yang mudah kering. (switchbacktravel.com)

Dengan memakai celana yang mudah kering, kamu akan aman jika sewaktu-waktu celanamu nggak sengaja basah terkena air hujan. Oya, hindari celana berbahan jin karena celana tersebut sulit kering!

Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan. (denverpost.com)

Kalau suhu di sekitarmu memang benar-benar dingin, jangan ragu untuk memakai berlapis-lapis kaos kaki. Pilih yang berbahan tebal, ya! Jangan lupa untuk memakai sarung tangan juga agar nggak kaku karena kedinginan. Kalau perlu, gunakan topi pendaki yang berbahan wol.

Sleeping Bag

Sleeping bag. (phdesigns.co.uk)

Lantaran tubuh nggak terlalu banyak melakukan gerakan saat tidur, kamu harus memastikan tidurmu dalam kondisi hangat. Kalau alas tidur biasa nggak cukup, gunakan sleeping bag. Tapi, tetap jangan lupakan jaket, kaos kaki, dan sarung tangan.

Dengan perlengkapan "tempur" itu, semoga kamu bisa terhindar dari hipotermia saat upacara, ya, Millens! Hm, siapa kita? Indonesia! (IB08/E03)