Bunga Warna-warni dan Bangunan Ikonik Dunia di Taman Bunga Celosia

Sobat Millens pengin berburu foto ciamik? Coba deh ke Taman Bunga Celosia. Selain dikelilingi puluhan variasi bunga khas pegunungan, kamu juga bisa menemukan spot foto ciamik laiknya di Eropa.

Bunga Warna-warni dan Bangunan Ikonik Dunia di Taman Bunga Celosia
Ikon Merlion mini, salah satu spot foto paling menarik di Taman Bunga Celosia. (Inibaru.i/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Buat kamu yang suka berburu foto ciamik, coba deh ke Taman Bunga Celosia. Dibuka untuk umum pada Oktober 2017 oleh pemerintah setempat, lokawisata baru yang berada di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ini belakangan begitu ramai dikunjungi para wisatawan.

Nama Celosia diambil dari bunga yang ditanam di taman tersebut.  Tempat ini tergolong jarang sepi pengunjung, terlebih pada akhir pekan. Jadi, kalau kamu mau lebih leluasa piknik di sini, datanglah pada weekday.

Baca juga:
Hutan Payau Tritih, Lebih dari Sekadar Wisata Lingkungan
Ketika Empat Perupa Muda Berpadu di Semarang Contemporary Art Gallery

Begitu memasuki gerbang, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan yang memanjakan mata. Ratusan bunga cantik di dalam pot berjajar membentuk terowongan yang siap mengiringi perjalananmu. Di sinilah spot foto favorit pengunjung. Maka, jangan heran kalau banyak yang antre untuk berfoto.

Gerbang masuk ke Taman Buna Celocia. (inibaru.id/Hayyina Hilal) 

Namun, itu belum apa-apa. Sesampai di dalam taman, hamparan pelbagai jenis bunga seperti celosia, pancawarna, gardenia, cosmos, pacar air, torenia, dan gerbera akan menyambutmu. Warna-warninya begitu menyegarkan mata. Berfotolah di sini, tapi jangan menginjak tanaman, ya.

Kemudian, selain berbagai bunga cantik yang mekar sempurna, kamu juga bakal "disambut" bangunan dan monumen simbolik negara-negara dunia, seperti Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Prancis, hingga Kincir Angin di Belanda. Bangunan-bangunan ikonik versi mini itu bakal pas banget untuk kamu jadikan latar foto kerenmu. 

Kincir angin mini khas Belanda, spot foto favorit para pengunjung di Taman Bunga Celosia. (inibaru.id/Hayyina Hilal) 

Sajikan Keunikan

Manajer Teknik Taman Bunga Celosia Andi Afriansyah mengatakan, lokawisata ini sengaja menyajikan keunikan panorama alam sebagai cara untuk menarik pengunjung, terutama mereka yang suka berfoto. Selain hamparan bunga, bangunan ikonik mini memang sengaja dibangun di taman tersebut sebagai daya tarik utama.

“Taman Bunga Celosia memang menyajikan panorama yang unik. Kami sengaja memberikan bangunan ikon mini dari negara yang terkenal di tengah-tengah taman," ujar Andi kepada Inibaru.id, beberapa waktu lalu, "Bangunan itu tentu akan jadi spot foto menarik dan membuat para wisatawan senang.”

Taman Bunga Celosia yang bersih memang menarik banget. Jadi, penting buatmu untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Terus, kamu juga nggak boleh seenaknya mengambil bunga di sini. Kalau kamu berminat memiliki bunga cantik tersebut sebagai oleh-oleh, bunga itu bisa kok kamu beli. Harganya pun murah.

Setangkai gerbera segar cukup kamu tebus seharga Rp 2.000 saja. Hm, cukup murah, bukan?

Bunga jenis gerbera yang bisa kamu bawa pulang. (inibaru.id/Hayyina Hilal) 

Tempat wisata ini cocok banget buat kamu yang pengin berpiknik keluarga atau berdua dengan pasangan. Bahkan, datang sendirian pun nggak masalah. Kamu yang galau pasti terobati, sedangkan yang lagi kasmaran dijamin bakal lebih merasakan cinta di sini. Ha-ha. Aseeek! 

Di sini, kamu juga nggak perlu takut kesulitan air bersih, kelaparan, atau kebingungan mencari tempat berteduh, Millens.  Fasilitas lokawisata yang berada nggak jauh dari Candi Gedong Songo ini lengkap kok. Musala, toilet, gazebo untuk bersantai, taman bermain, hingga kantin, tersedia lengkap di tempat ini.

Almara, salah seorang pengunjung asal Tangerang Selatan, mengaku begitu antusias ketika mengunjungi tempat ini. Menurutnya, tempat ini cocok banget untuk siapapun yang senang berfoto gemes atau berburu foto di spot-spot yang "lucu".

“Di sini kita bisa berpiknik kecil-kecilan gitu.Menarik tempatnya, apalagi jika datang dengan orang-orang tersayang,” terangnya.

Salah seorang pengunjung berfoto dengan ratusan bunga dalam pot di Taman Bunga Celosia. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Nah, untuk kamu yang tertarik ke sini, tempatnya nggak jauh kok dari pusat kota. Dari Kota Semarang, kamu tinggal mengambil arah ke kawasan wisata Bandungan yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Begitu tiba di gerbang masuk kawasan wisata tersebut, kamu cukup ikuti jalan utama hingga bertemu pertigaan di dekat Pasar Sumowono.

Baca juga:
Segarkan Pikiranmu di Empat Lokawisata Hit di Kendal
Jajaran Lukisan di Dalam Rumah Kamera

Dari pertigaan, kamu tinggal belok kanan menuju Gedong Songo, sesuai papan penunjuk jalan yang disediakan. Nggak jauh kok. Kamu tinggal ikuti jalan tersebut hingga menemukan SPBU Palbapang. Gerbang masuk Gedong Songo berada nggak jauh dari SPBU, lalu masuklah sekitar 100 meter. Taman Bunga Celosia berada di sebelah kanan jalan.

Taman bunga ini beroperasi tiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung ke Celosia tentu saja pada pagi hari. Selain udara yang masih sangat sejuk, bunga-bunga di tempat tersebut juga tampak lebih segar pada pagi hari. 

Harga tiket? Tenang, sangat terjangkau kok. Kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orang untuk masuk ke kawasan wisata yang menawarkan panorama begitu menawan ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, "berburu" bunga di Celosia! (Hayyina Hilal/E03)