Meleura, Surga Tersembunyi di Tenggara Pulau Celebes

Raja Ampat boleh saja sudah pegang bendera sebagai spot yang rruar biasa. Tapi Meleura di Sulawesi Tenggara.

Meleura, Surga Tersembunyi di Tenggara Pulau Celebes
Pantai Meleura. (Instagram/idulm50)

Inibaru.id –  Laut jernih, panorama hutan, dan keindahan terumbu karang. Membayangkannya saja rasanya sudah sangat nyaman di kepala. Jika Sobat Millens langsung mengidamkan Raja Ampat, bolehlah, tapi sebenarnya ada tempat yang berkarakteristik hampir serupa. Mana? Pantai Meleura Raha di Sulawesei Tenggara.

Bagaimana cara ke sana? Sebelum bisa menemukan si cantik tersembunyi ini, dari Kendari kamu akan menempuh 45 menit perjalanan menuju Pelabuhan Nusantara, lalu lanjut dengan naik kapal selama delapan jam menuju Pelabuhan Raha. Baru setelah mendarat, kamu harus menempuh setengah jam perjalanan dari pusat kota Raha menuju Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Perjalanan yang 30 menitan itu bakal serasa sekejap lantaran kamu sudah dimanjakan oleh panorama yang ada. Ada batu kapur tinggi menjulang. Lanskap perbukitan tersebut digunakan warga Lakarinta bertanam jagung dan sayur-sayuran. Bakal nampak juga spot berupa rumah panggung kecil yang berdiri di puncak bukit batu tersebut.

Baca juga:
Bersepi-sepi di Pantai Liang Ambon
Pantai Wediombo, Surga untuk Peselancar

Cuaca sejuk, deretan rumah tradisional, dan Gua Terapung seolah jadi gerbang pengantar menuju ratu surga di Meleura. Mahalkah untuk bisa masuk? Nggak bakal bikin tipis dompet kok, cuma 10-20 ribu rupiah. Tarik, Mang….

Akhirnya kamu akan disambut bentang lautan bening kebiruan di depan mata. Ditimpa sinar matahari, Meleura lebih mirip seperti sebaran batu pirus yang dijadikan tempat main ikan-ikan. Jangankan pantainya, bahkan pasir putih Meleura pun dijamin bakal menggoda kamu untuk berguling-guling di atasnya.

Mau langsung berenang? Aih, yuk mari. Bisa banget dimulai dengan terjun bebas dari ketinggian bukit batu. Lumayan untuk melatih “ketegaran” adrenalin sekaligus menerbangkan beban hidup ke udara. Sensasinya lo, lepas banget!

Kayaknya nanggung banget ya jauh-jauh cuma berenang. Wait, Meleura menawarkan sederet hiburan laut lainnya kok, seperti memancing, menyelam, dan snorkeling. Ada dermaga kayu yang oke punya buat dijadikan spot memancing.

Buat Sobat Millens yang sekadar ingin nyepi, Meleura juga menawarkan atmosfer relaksasi yang comfy. Alam Meleura yang natural karena dikelilingi semak-semak dan tumbuhan liar tanpa garis pantai betulan bikin kalian seakan sedang terdampar di pantai asing yang belum dijamah manusia. Kegiatan relaksasi juga bisa dilakukan sambil kecipak-kecipak keliling laut dengan perahu warga dengan tarif 50 ribu rupiah.

Baca juga:
Pelesiran ke "Zaman Old" di Kampung Primitif
Wisata Sejarah ke Pulau Penyengat

Oya, jangan sampai lupa mengabadikan momen Meleura kamu ya, Millens. Kamu bisa pilih salah satu pulau karang kecil yang mengelilingi Meleura sebagai objek bidikan.

 Bingung ingin istirahat? Ada fasilitas vila dan tempat peristirahatan kok di Meleura. Sobat Millens juga bisa memilih tiga opsi hotel untuk nginap, yaitu Alia, Andalas, atau Berlian Hotel yang berlokasi di Raha. Komplet kan?

Yang paling penting, nabung dulu ya buat kalian yang hobi travelling. Baru deh, capcuslah! (YFH/SA)