Ada Cagar Alam di Tengah Pura Mangkunegaran Solo

Ada Cagar Alam di Tengah Pura Mangkunegaran Solo
Taman di Pura Mangkunegaran. (Indonesia-tourism)

Sejuk dan teduh, taman di Pura Mangkunegaran memang bikin siapapun betah berlama-lama di sana. Lantaran keanekaragamannya, taman ini juga menjadi cagar budaya, lo!

Inibaru.id – Pura Mangkunegaran di Solo memang selalu mengundang decak kagum. Nggak hanya Pendopo Ageng berkapasitas 10 ribu orang saja yang menarik, taman dan "jalur hijau" dari istana Praja Mangkunegaran ini juga kian menunjukkan betapa kayanya raja Jawa kala itu.

Taman itu merupakan sepetak taman cantik yang ditumbuhi pohon-pohon berbunga dan semak-semak hias. Lantaran sejarahnya dan keanekaragamannya, taman yang berada di tengah Pura Mangkunegaraan ini juga merupakan cagar alam.

Taman cagar budaya dilihat dari dalam. (GNFI)
Taman cagar budaya dilihat dari dalam. (GNFI)

Di dalamnya, kamu bisa melihat air mancur di antara patung-patung klasik bergaya Eropa yang bikin tenang. Pada taman tersebut, kamu juga bisa menyaksikan sangkar burung yang pasti bakal bikin anak-anak tertarik.

Ehm, duduk di taman ini bakal berasa raja yang tengah bersantai menikmati sore. Sembari menyesap secangkir teh dan lagu-lagu indie, oke juga kali ya! Ha-ha. (IB20/E03)