Libur Panjang di Klaten, Saatnya Maraton Kunjungi 5 Umbul nan Bening Ini

Libur Panjang di Klaten, Saatnya Maraton Kunjungi 5 Umbul nan Bening Ini
Umbul Ponggok, salah satu destinasi unggulan di Klaten. (oxfordinfantil2.wordpress)

Tak hanya termasyhur dengan candi-candinya yang menawan, Klaten juga kaya akan umbul bening yang menyenangkan untuk ciblon. Mumpung libur panjang, nggak ada salahnya mengunjungi umbul-umbul tersebut.

Inibaru.id – Liburan di Klaten, Jawa Tengah, tapi bosan berlibur ke destinasi yang berbau candi? Hm, Klaten nggak cuma terkenal dengan candinya saja kok. Di sana, kamu juga bisa puas-puasin berwisata air di sejumlah mata air atau umbulnya yang tersebar di sejumlah tempat.

Nah, kalau kamu punya waktu luang, nggak ada salahnya, lo, maraton menyambangi semuanya. Bakal seru, terlebih kalau kunjunganmu itu bareng sahabat, kerabat, keluarga, atau gebetan. Untuk yang terakhir mungkin berat, tapi ya sudahlah. Yang penting, inilah rekomendasi umbul di Klaten buatmu!

Umbul Ponggok

Berfoto dengan ikan di Umbul Ponggok? Bisa! (Objekwisata)

Baiklah, kita mulai dari yang paling hit, ya! Lantaran berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, umbul ini dinamai Umbul Ponggok. Di media sosial, khususnya Instagram, umbul ini nangkring di mana-mana. Nah, kamu nggak pengin medsosmu juga ada foto di Umbul Ponggok-nya?

(Baca Juga: Berenang Bersama Ikan-Ikan di Umbul Ponggok)

Banyak spot berfoto di sini, Millens. Nggak cuma selfie, kamu juga bisa wefie bersama ikan-ikan yang cantik. Mm, nggak bisa berenang? Tenang, kamu bisa pakai peralatan snorkling atau memakai helm khusus. Kedalaman umbul tersebut juga nggak lebih dari lima meter, kok.

Umbul Sigedang

https://www.inibaru.id/media-files/nuploads/62/Umbul%20Sigedang.jpg

Kejernihan air di Umbul Sigedang, Klaten. (okezone)

Berada di desa yang sama dengan Umbul Ponggok, umbul ini menjadi salah satu objek wisata alternatif yang layak kamu kunjungi selama di Klaten. Kejernihan air di umbul ini sangat terjamin karena sumber mata airnya juga dirawat baik oleh pihak pengelola.

(Baca Juga: Menjajal Sejuknya Berenang di Umbul Sigedang Klaten)

Bahkan, salah satu perusahaan air mineral ternama di Indonesia menggunakan sumber mata air ini untuk produksi air dalam kemasan, lo! Wah, umbul dengan tarif masuk sebesar Rp 6.000 per orang ini sudah pasti jernih dan aman, ya!

Umbul Manten

Pohon beringin di Umbul Manten ini menambah kerindangan objek tersebut. (lelungan.net)

Berlokasi di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, umbul ini juga tergolong hit di kalangan pelancong. Biaya masuknya yang murah, yakni hanya Rp 5.000 per orang, membuat tempat ini kian banyak dikunjungi wisatawan.

(Baca Juga: Penyuka Fotografi Bawah Air Wajib Datang ke Umbul Manten)

Berada di sini, kamu juga nggak perlu takut kepanasan karena ada pohon beringin besar yang bakal menaungimu. Jadi, ya pasti adem!

Umbul Nilo

Umbul Nilo yang masih jarang dijamah oleh para pelancong. (mainsamabocah.blogspot)

Masih di kecamatan yang sama dengan Umbul Manten, umbul yang masuk dalam wilayah Kelurahan Daleman ini terbilang cukup asri lantaran masih minim pengunjung. Rute menuju umbul tersebut juga belum ditata dengan baik. Jadi, masih jarang wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut.

(Baca Juga: Berenang di Kejernihan Kolam Renang Alami Bernama Umbul Nilo)

Eits, tapi bukan berarti Umbul Nilo nggak bagus, ya! Justru karena belum ramai, umbul dengan biaya masuk Rp 5.000 ini patut kamu jadikan tujuan utama, khususnya kalau sedang mencari ketenangan.

Umbul Cokro

Umbul Cokro yang telah dilengkapi fasiitas rafting dan wahana air modern. (Lelungan)

Masih di Kecamatan Tulung, umbul yang satu ini sebaiknya menjadi kunjungan terakhir sekaligus jadi gong liburan maratonmu.

Berlokasi di Desa Cokro, umbul dengan tarif tiket Rp 15 ribu per orang ini telah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, di antaranya area waterboom dan trek rafting. Tiket yang lebih mahal dari umbul lainnya cukup sepadan kalau melihat fasilitas yang mereka berikan.

(Baca Juga: Saking Beningnya, Bebatuan di Dasar Tampak Jelas dari Permukaan Umbul Ingas Cokro Tulung)

Nah, segeralah susun rencana liburanmu. Jangan lupa bikin itinerari dulu ya, biar liburanmu berjalan dengan lancar dan nggak ada yang terlewat. Kuy, libur t'lah tiba, libur t'lah tiba, hore, hore! (IB23/E03)