5 Tips Cerdas Memilih Koper, Jangan Asal Beli ya!

5 Tips Cerdas Memilih Koper, Jangan Asal Beli ya!
Pilih koper yang tepat biar perjalanan lancar. (Shutterstock)

Agar perjalanan lancar, kamu perlu wadah yang tepat untuk barang bawaanmu. Berikut ini 5 tips memilih koper. Apa saja?

Inibaru.id – Mau traveling tapi nggak mungkin cuma bawa backpack? Mau pilih koper tapi bingung yang mana? Secara ada banyak jenis koper berikut fiturnya. Jadi makin bimbang deh. Eits, jangankhawatir, 5 tips ini bakal menuntaskan rasa galaumu.

Sesuaikan dengan Kapasitas Bawaan

Di pasaran ada begitu banyak ukuran koper. Umumnya, ukuran ini dibagi 3 jenis yaitu ukuran kabin atau small, medium, dan large atau besar. Tinggal sesuaikan dengan barang yang mau kamu angkut. Kalau barang cuma sedikit, ya beli yang kecil saja biar muat masuk kabin. Keuntungannya, nggak perlu lagi bayar bagasi!

Aturan bagasi kabin maskapai penerbangan nasional umumnya di ukuran maksimal tinggi 40 cm x lebar 30 cm x panjang 10 cm. Itu kalau kamu hanya memasukkan barang-barang milikmu. Beda lagi kalau bepergian dengan orang lain seperti keluarga. Tentunya, kamu butuh koper yang lebih besar.

Selain itu, pertimbangkan juga ruang untk memasukkan oleh-oleh jika berencana membelinya. Tentukan juga destinasi yang kamu tuju. Pasalnya, ada beberapa daerah hanya dapat dijangkau dengan pesawat kecil. Artinya, berat barang bawaan juga dibatasi. Kalau kamu sering bepergian dan lama, lebih baik memiliki dua jenis koper yaitu besar dan kecil.

Koper Hardcase atau Softcase?

Koper Hardcase lebih optimal dalam keamanan barang bawaan meski berat. (Shutterstock)
Koper Hardcase lebih optimal dalam keamanan barang bawaan meski berat. (Shutterstock)

Ada dua pilihan bahan koper yaitu hardcase dan softcase. Kelebihan hardcase yaitu memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan. Tapi, bahan ini juga rentan retak ketika proses pengangkutan di bandara.

Karena itu, kamu bisa memilih koper berbahan polycarbonate yang cukup ringan dan nggak gampang retak. Tapi, jika pilihanmu jatuh pada koper softcase, bahan ballistic nylon bisa kamu pertimbangkan. Bahan ini terkenal cukup awet dan nggak mudah sobek. Koper softcase juga lebih ringan dan punya kantung eksternal.

Pilih Fitur Koper yang Sesuai

Pastikan Gagang (handle), resleting, dan roda koper sudah sesuai dengan kondisi perjalanan kamu. Untuk gagang koper, kamu dapat memilih yang terdiri atas dua bar daripada satu bar. Perhatikan juga apakah keberadaan gagang mempengaruhi kapasitas penyimpanan di koper atau tidak.

Selain itu, kamu bisa lo memilih koper dengan resleting dari bahan logam yang nggak mudah rusak ketika diseret atau terbanting saat proses pengangkutan di bandara. Nah, untuk roda koper, ada dua jenis yaitu dengan dua roda (upright) dan empat roda (spinner).

Koper jenis upright akan lebih mudah ditarik di atas permukaan yang nggak rata dan mudah bermanuver di antara keramaian. Sementara koper jenis spinner bakal memudahkan penggunanya bergerak tanpa terpengaruh berat beban di koper dan tepat digunakan di permukaan jalan yang halus.  

Pilih Koper yang Memberikan Keamanan

Contoh koper dengan built-in TSA. (Samsonite)
Contoh koper dengan built-in TSA. (Samsonite)

Pastikan koper yang kamu beli memberikan keamanan. Bahan yang tepat dan resliting yang nggak gampang sobek adalah faktor yang utama. Selain itu, tambahan berupa gembok atau kunci bisa jadi jaminan plus koper kamu aman dari tangan jahil.

Sekarang ini, sudah banyak kok koper-koper dengan standar keamanan internasional di pasaran. Koper-koper ini dilengkapi dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved). Eh, kamu perlu tahu bahwa petugas bandara berhak memeriksa setiap bagasi yang dibawa oleh penumpang jika mencurigakan.

Dengan adanya kunci ini, petugas bandara nggak perlu merusak kunci untuk membuka koper.

Pilih Desain yang Beda

Karena di bandara bukan cuma ada kopermu, sebaiknya pilihlah koper yang bisa kamu kenali. Maklum, koper dengan warna dan desain yang sama berpotensi tertukar. Atau kamu bisa menambah aksesori pada kpermu seperti pita atau stiker tertentu.

Itu dia tips memilih koper. Semoga bermanfaat ya, Millens. (Kom/IB21/E07)