5 Tips Berburu Foto di Momen Imlek

5 Tips Berburu Foto di Momen Imlek
Momen Imlek menarik untuk diabadikan dalam potret. (Antara Foto/Abriawan Abhe)

Bagi pencinta fotografi, momen Imlek merupakan salah satu hal yang menarik untuk diabadikan. Eits, sebelum berangkat memotret, lebih baik simak dulu tips-tips berikut ini.

Inibaru.id – Prosesi Imlek termasuk salah satu momen yang menarik untuk diabadikan dalam bentuk foto. Apalagi bagi Sobat Millens yang suka berburu foto dengan tema human interest, pas banget tuh!

Eits, tapi jangan asal bidik gambar, lo. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum berburu foto di momen Imlek. Simak tips berikut yuk!

Meminta Izin

Lebih baik meminta izin terlebih dulu sebelum memotret. (Kompas/Ika Fitriana)

Perlu diingat, sembahyang dan perayaan Imlek biasanya berpusat di kelenteng yang merupakan tempat beribadah. Karena banyak orang yang beribadah di sana, ada baiknya kalau kamu meminta izin terlebih dulu sebelum memotret. Izin bisa kamu sampaikan kepada petugas atau penanggung jawab kelenteng.

Menjaga Sopan Santun

Jangan sampai kegiatan memotretmu mengganggu orang lain. (Antarafoto/Muhammad Adimaja)

Saat berada di kelenteng, sudah menjadi keharusan bagi kamu untuk menjaga kesopanan, mulai dari pakaian, perkataan, hingga perbuatan. Pastikan juga kegiatan memotretmu nggak mengganggu pengunjung lain yang sedang beribadah.

Menghargai Orang yang Bersembahyang

Jangan menghalangi prosesi sembahyang saat memotret. (Kompas/Silvita Agmasari)

Memotret prosesi Imlek memang nggak salah sih. Namun, alangkah lebih baiknya kalau kamu nggak mengganggu pengunjung yang hendak sembahyang. Jaga sikap dan jarak agar umat Tionghoa tetap bisa beribadah dengan nyaman tanpa terganggu dengan aktivitas memotretmu. Kalau tentang hal ini, kamu bisa menyiasatinya dengan membawa lensa yang bisa di-zoom lumayan jauh.

Hindari Menyentuh Benda di Altar Sembahyang

Benda di altar sembahyang merupakan bagian dari ritual ibadah. (Antarafoto/Zabur Karuru)

Ada banyak benda di altar sembahyang, Millens. Benda-benda yang biasanya ada yakni buah-buahan dan bunga untuk persembahan para dewa. Nah, saat memotret, hindari menyentuh benda-benda itu, ya, karena benda-benda itu merupakan bagian dari ritual peribadatan.

Hati-hati dengan Sumber Api

Ada banyak sumber api dalam prosesi Imlek. (Antarafoto/Jessica Helena Wuysang)

Momen Imlek juga identik dengan banyaknya sumber api yang menyala. Api itu biasanya dari lilin, lentera, dan dupa yang dinyalakan di kelenteng. Jadi, saat berburu foto, jangan lengah dan tetap hati-hati agar kamu nggak bersinggungan dengan sumber api tersebut.

Gimana, jadi lebih siap untuk memotret kan? Yuk, siapkan lensamu dan selamat berburu foto! (IB10/E04)