5 Pantai Sunyi di Gunungkidul ini Cocok Buat Kemah

5 Pantai Sunyi di Gunungkidul ini Cocok Buat Kemah
Ilustrasi berkemah di pantai. (Yukepo)

Berkemah di tepi pantai sepertinya adalah pilihan bagus untuk menikmati liburan. Berikut ini adalah lima pantai sunyi di Yogyakarta yang bisa jadi referensi lokasi kemah buatmu!

Inibaru.id – Selain Malioboro, jalan-jalan ke Yogyakarta nggak lengkap rasanya kalau belum ke pantainya. Tepatnya di Gunungkidul, beberapa pantai bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur. Nggak cuma itu, pantai-pantai ini juga cocok untuk kemah lo.

Eits, jangan lupa persiapkan perlengkapan dan bekalmu sebelum mengunjungi lima pantai berikut ya!

Pantai Watu Bolong

Terdapat banyak batu karang di sini. (IHateGreenJello)
Terdapat banyak batu karang di sini. (IHateGreenJello)

Di pantai ini terdapat lahan kosong yang cocok untuk camping dan menikmati deburan ombak. Yang istimewa, pengunjung bakal disuguhi bebatuan yang terdapat di tepian pantai seperti namanya. Oh ya, di sisi utara tengah pantai juga terdapat batu karang yang menjulang tinggi lo.

Pantai Sanglen

Cocok banget buat berkemah kan? (NativeIndonesia.com)
Cocok banget buat berkemah kan? (NativeIndonesia.com)

Berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, pengunjung bisa datang ke pantai ini dengan mengikuti rute arah Pantai Watu Kodok. Ya, keduanya memang berdekatan dan jadi pilihan untuk berkemah. Untuk sampai ke sini, pengunjung nggak perlu berjalan kaki lo.

Pantai Wohkudu

Pemandangan di sini asri lo. (KMSTour)
Pemandangan di sini asri lo. (KMSTour)

Berbeda dengan pantai lainnya yang langsung bisa dijangkau dengan kendaraan, Pantai  Wohkudu berada tersembunyi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Kamu perlu berjalan kaki menyusuri ladang warga selama 30 menit dari tempat parkir.

Pemandangannya yang asri dengan hamparan rumput hijau, cocok untuk berkemah atau sekadar piknik!

Patai Jungwok

Terkenal dengan aura mistisnya. (Campa Tour)
Terkenal dengan aura mistisnya. (Campa Tour)

Pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, ini terkenal dengan aura mistisnya. Namun, begitu sampai di sini, kamu bakal terpesona dengan pasir putihnya yang begitu menggoda.

Oh ya, pantai ini berada sekitar 5 kilometer dari Pantai Wediombo. Cukup ikuti petunjuk arahnya, maka kamu bakal bisa sampai di pantai yang memesona ini.

Pantai Kayu Arum

Diapit oleh tebing! (Niaga tour)
Diapit oleh tebing! (Niaga tour)

Pantai satu ini berukuran kecil ketimbang pantai lain. Pantai Kayu Arum diapit oleh dua tebing sehingga menyisakan area pantai yang terbilang sempit. Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Pantai Kayu Arum ternyata berdekatan dengan lokasi Baron Techno Park.

Untuk sampai di pantai ini, pengunjung harus menyusuri ladang werga sekitar 4 kilometer.

Sebelum memutuskan untuk berkemah, jangan lupa siapkan perlengkapan yang memadai ya. Penting juga untuk mempertimbangkan cuaca dan ketinggian ombak demi keselamatan pribadi.

Jadi, tetap bijak memilih tempat untuk menikmati liburan ya, Millens! (Det/IB27/E03)