Yuk, Traveling ke Negara-Negara yang Punya Tradisi April Mop Unik!

Yuk, Traveling ke Negara-Negara yang Punya Tradisi April Mop Unik!
Salah satu kejahilan umum saat merayakan April Mop di Prancis. (Daytranslations)

1 April merupakan tanggal di mana orang-orang menyemarakannya sebagai perayaan April Mop. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan ini, termasuk melakukan berbagai prank untuk teman maupun keluarganya. Nah, ngomongin soal April Mop, yuk intip perayaan uniknya di lima negara berikut!

Inibaru.id – Sehari dalam setahun kamu boleh berbohong atau jahil dan nggak bakal kena marah! Yap, itulah April Mop atau yang dikenal juga sebagai April Fool's. Sejumlah negara hanya menerapkan lelucon hingga tengah hari, tapi ada juga yang memeringatinya seharian penuh.

Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang meragukan berita yang sebetulnya bukanlah guyonan. Ini sempat terjadi di Hawaii. Lantaran tak percaya dengan peringatan tsunami pada 1 April 1946, lebih dari 100 orang meninggal diterjang tsunami. Duh, mengenaskan!

Sementara, "Hari Republik" yang dicetuskan pemerintah Iran pada 1 April 1979 dianggap lelucon oleh orang-orang hingga 30 tahun lamanya.

Yap, April Mop memang telah menjadi tradisi di banyak negara. Beberapa negara ini bahkan menjadikan candaan pada hari tersebut sebagai budaya yang nggak boleh dilewatkan. Nah, kalau kamu pengin traveling pas April Mop, nggak ada salahnya kamu kunjungi tempat-tempat berikut!

Jerman

Puri Neuschwanstein menjadi salah satu bangunan ikonik di Jerman. (Travelandleisure)

Orang Jerman merayakan April Mop dengan menjahili teman dan sanak familinya. Bahkan, media massa seperti stasiun TV, radio, dan koran pun turut menyemarakan April Mop dengan membuat berita palsu untuk lelucon.

Tenang, nggak akan ada demo untuk hoaks yang diciptakan dan disebarkan di sana saat April Mop, karena warganya sadar bahwa semua itu hanya lelucon. Hm, sepertinya bakal menarik berkunjung ke sini!

Iran

Stars Valley di Qeshm Island, Iran.(Theculturetrip)

Negara yang satu ini konon mengenal tradisi bercanda dengan berbagai prank sejak 526 Sebelum Masehi. Yap, masyarakat Iran membuat lelucon untuk menjahili sanak saudaranya. Namun, lebih dari itu, lantaran 1-2 April juga bertepatan dengan Hari ke-13 Tahun Baru Persia, mereka juga punya satu tradisi unik.

Selain prank, mayoritas warga Irak biasa mengadakan piknik bersama. Setelah piknik, mereka membuang sayuran hijau sebagai simbol membuang sial.

Skotlandia

Kastil Edinburgh di Skotlandia. (Traveldigg)

Kalau kamu pernah menonton adegan tendang bokong di salah satu episode Spongebob, berarti kamu bisa membayangkan tradisi perayaan April Mop di Skotlandia. Soalnya, di sana orang-orang akan berbaris dan saling menendang bokong temannya, tepat di pada 2 April.

Selain itu, ada juga tradisi pesan berantai yang biasanya dimulai dari 1 April. Isi pesan tersebut adalah permintaan agar si penerima meneruskan pesan yang diterimanya kepada orang lain. Hm, unik!

Prancis

Notre Dame, katedral berasitektur gotik di Prancis. (Wikimedia)

April Mop di Prancis dikenal sebagai Poisson d'Avril atau April Fish. Anak-anak biasanya bakal menempelkan gambar ikan pada punggung teman sekolahnya sebagai bentuk kejahilan. Setelah itu, mereka hanya menunggu sampai teman tersebut mengetahuinya.

Nah, asyik dan menarik kan, Millens? Gimana, pengin traveling dan merayakan April Fool's Day di mana, nih? (IB23/E03)