Kamu Boleh Pakai Rupiah di 5 Negara Ini

Kamu Boleh Pakai Rupiah di 5 Negara Ini
Mata uang Rupiah dan Dollar AS. (idntimes.com)

Kamu sudah tahu belum kalau ada tempat-tempat di luar negeri yang menerima pembayaran dengan mata uang Indonesia? Yuk simak di mana saja.

Inibaru.id - Buat kamu yang hobi travelling, sepertinya bisa mampir ke 5 negara ini deh! Selain potensi wisatanya yang keren, negara-negara tersebut juga nerima rupiah lo! Jadi, nggak perlu pusing deh kalo kehabisan dollar atau mata uang lokal pas kalap belanja. Hehe.

1. Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia (panduanwisata.id)

Kalo kamu lagi liburan di Malaysia dan kehabisan ringgit, jangan risau! Beberapa pusat perbelanjaan, bahkan mall dan toko oleh-oleh besar di sana menerima rupiah kok. Oya, selain itu, beberapa wilayah di perbatasan Malaysia dan Indonesia juga menerima rupiah lo, Millens! Ntaps nggak tuh? Hehe.

2. Saudi Arabia

Makkah, Saudi Arabia. (hajiumrohnews.com)

Nggak semua wilayah di Saudi Arabia menerima rupiah. Tapi, khusus di kota Makkah, Madinah, dan Jeddah, rupiah dapat diterima untuk transaksi jual-beli kok. Dikutip dari idntimes.com, hal ini dipengaruhi oleh jumlah jemaah dari Indonesia yang cukup tinggi. Jadi, dengan menerima rupiah, para pedagang berharap agar bisa menarik minat para jamaah untuk berbelanja.

Tidak hanya toko oleh-oleh, kedai makanan dan mall di Jeddah juga menerima rupiah dengan kurs yang sama di Indonesia. Bahkan, beberapa pedagang sengaja untuk mempelajari bahasa Indonesia agar transaksi berjalan lebih nyaman. Wah, menarik juga ya, Millens?

3. Thailand

Kota Hatyai, Thailand. (liburmulu.com)

Nah, di Kota Hatyai, Thailand, rupiah bisa digunakan untuk membeli suvenir lo, Millens! Lokasi kota yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini, memang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh orang Indonesia dan sekitarnya. Di sana, bukan hanya rupiah dan baht, tapi ringgit juga diterima lo! Boljug lah, ya?

4. Timor Leste

Patung Kristus Rei, Timor Leste. (ollowearables.com)

Negara yang sempat menjadi bagian dari Indonesia ini menerima rupiah untuk transaksi sehari-hari lo! Jadi, ternyata nih, negara tersebut hingga saat ini masih menggunakan 3 mata uang yakni cantavo coins, rupiah, dan dollar AS. Nah, kalo kamu punya agenda berwisata di sana, cukup dengan membawa rupiah pun nggak masalah, Millens!

5. Papua New Guinea

Gerbang Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. (republika.com)

Negara yang berbatasan langsung dengan wilayah timur Indonesia ini memang menetapkan rupiah sebagai salah satu mata uang sah di sana. Banyak masyarakat Merauke yang berdagang di wilayah perbatasan, jadi, wajar saja jika rupiah turut mendampingi kina sebagai mata uang resmi di Papua New Guinea.

Nah, gimana Millens? Bisa liburan tanpa puyeng nukar banyak duit kan? Hehe. Tapi ingat, kamu tetap butuh mata uang lokal kalau mau liburan ke luar negeri ya. (IB23/E05)