5 Cara Praktis Mengemas Barang Bawaan Saat Liburan Ala Marie Kondo

Konsultan kerapian barang sekaligus penulis buku asal Jepang Marie Kondo punya cara khusus untuk mengemas barang bawaan saat liburan. Dengan cara itu, barang bawaan bisa lebih ringkas.

5 Cara Praktis Mengemas Barang Bawaan Saat Liburan Ala Marie Kondo
Marie Kondo punya cara khusus mengepk barang bawaan untuk traveling. (NBC News)

Inibaru.id – Metode berberes lumrahnya diterapkan untuk merapikan rumah. Namun, teknik yang sama dapat pula diaplikasikan untuk mengemas barang bawaan di koper, Millens. Konsep ini diperkenalkan konsultan kerapian sekaligus penulis buku Marie Kondo.

Perempuan asal Jepang itu punya metode beberes khusus yang disebut KonMari. Metode besutannya itu pun mendunia karena dianggap sederhana dan mudah diterapkan.

Kompas.com, Kamis (7/2/2019) menulis, rumus utama yang perlu diingat selama kamu menjalankan metode ini adalah simpan barang-barang yang kamu sukai dan yang membuat kamu merasa bahagia. Barang-barang yang nggak termasuk kategori itu, ya lupakan saja alias nggak perlu dibawa. Simak tips berikut, yuk!

Buat Daftar Destinasi dan Acara

Daftar destinasi dan acara menentukan barang bawaan yang kamu butuhkan. Jadi, sebelum mengepak barang bawaan, kamu harus tahu tujuan saat berwisata ke mana saja dan seberapa banyak kegiatan yang dilakukan di luar atau di dalam ruangan. Kamu juga perlu mengetahui jenis acaranya misal formal atau nonformal sehingga bisa membawa baju yang tepat.

Pilih Barang yang Hanya Dibutuhkan

Ini adalah prinsip utama dari metode KonMari. Pilihlah barang yang pasti digunakan atau dipakai sesuai dengan daftar destinasi dan acara yang telah dibuat. Singkirkan semua barang yang sekiranya nggak dibutuhkan. Memang cukup berat sih apalagi buat kamu yang suka membawa apa saja saat bepergian, tapi metode ini efektif agar kopermu lebih ringan.

Cara Mengemas

Bila sudah menentukan semua barang yang akan dibawa, langkah selanjutnya adalah mengemas dalam koper. Marie Kondo menyarankan untuk menyusun barang secara vertikal agar memudahkan saat mengambil. Selain itu, menyusu secara vertikal dapat menyisakan lebih banyak tempat di tas atau koper.

Masukkan Barang ke Plastik Transparan

Untuk menghindari barang jadi kotor atau basah selama perjalanan, masukkan barang ke plastik transparan sesuai kategori. Sebagai contoh, jadikan pakaian dalam pada satu tas, begitu juga dengan atasan dan bawahan. Plastik transparan dapat membantu organisasi barang.

Pikir Sebelum Berbelanja

Salah satu langkah penting dari metode KonMari adalah berpikir sebelum berbelanja di destinasi tujuan. Pikirkan tentang kegunaan barang, bukan keinginan. Hal ini bakal berpengaruh pada barang bawaanmu dalam perjalanan pulang supaya nggak terlalu berat.

Oiya, saat sudah sampai rumah jangan lupa untuk membersihkan tas atau koper dan kembalikan ke tempat semula ya, Millens.

Yap, itulah metode mengemas barang bawaan praktis ala Marie Kondo. Cukup praktis, kan? (IB24/E04)