Biar Traveling Aman, Jangan Sembarangan Konsumsi Air di Tempat Asing!

Biar Traveling Aman, Jangan Sembarangan Konsumsi Air di Tempat Asing!
Mengonsumsi air di tempat asing bisa berbahaya bagi tubuh karena kita nggak tahu kualitas di tempat tersebut. (Pixabay)

Bagi traveler, berkunjung ke tempat baru selalu menyenangkan. Namun, ancaman kesehatan bisa saja menyerang lantaran kita nggak tahu kualitas air yang kita konsumsi di tempat tersebut. Hm, gimana menyikapinya?

Inibaru.id - Terserang penyakit menjadi hal yang paling nggak menyenangkan saat traveling. Dengan berbagai cara kita berusaha mengantisipasinya. Salah satunya dengan memerhatikan asupan yang kita konsumsi selama berada di tempat "asing", misalnya air minum.

Yap, penting bagimu untuk menyadari bahwa tempat yang kamu kunjungi nggak selalu menyediakan kualitas air yang memadai. Nah, biar acara liburanmu nggak berantakan dan aktivitasmu nggak terganggu, coba terapkan tiga tips ini!

Kenali Daerah yang Dikunjungi

Sumber air yang tampak jernih belum tahu kualitasnya baik. Jadi, cari tahu dulu ya. (Pixabay)

Mengenali daerah tujuan wisata wajib kamu lakukan, biar kamu tahu hal apa saja yang harus dipersiapkan. Ini termasuk mengenali kondisi kebersihan dan ketersediaan air di sana.

Mungkin hal tersebut tampak sepele, tapi penting. Ya, karena air bakal memengaruhi nggak cuma tubuh bagian dalam, tapi juga luar seperti kulit.

Sebab, air adalah salah satu faktor penting untuk menopang tubuh manusia. Baik dari segi luar yang meliputi kesehatan kulit, maupun dari segi organ dalam.

Pilih Merek Air Kemasan yang Dikenal

Menentukan air mineral atau air dalam kemasan untuk dikonsumsi juga kudu hati-hati. (Pixabay)

Ketimbang bingung mikirin kualitas air, untuk urusan minum mending beli air kemasan. Namun, kamu juga kudu waspada. Ada baiknya kamu memilih merek air kemasan yang kamu kenal. Kamu bisa mengeceknya di internet. Pastikan air kemasan itu memiliki legalitas dan hasil uji lab yang baik.

Merebus Air Sendiri

Merebus air sendiri, kenapa tidak? (Pixabay)

Jika membeli air kemasan nggak memungkinkan, satu-satunya cara yang bisa kamu pakai adalah dengan merebus ulang air. Memang terkesan ribet dan kurang efisien, tapi demi kesehatan dan kesuksesan travelingmu, kenapa nggak?

Berjaga-jaga dengan kondisi air tempat tujuan wisatamu bukan bertujuan mendiskreditkan warga lokal. Hanya, terkadang bakteri yang bisa ditoleransi mereka belum tentu bisa diterima tubuh kita. Jadi, jangan berdebat dengan masyarakat setempat terkait kualitas air ini ya, Millens! (IB23/E03)