3 Desa Wisata Ramah Keluarga di Jawa Tengah Ini Siap Hempas Penatmu

3 Desa Wisata Ramah Keluarga di Jawa Tengah Ini Siap Hempas Penatmu
Ilustrasi berlibur ke desa wisata bersama keluarga. (desawisatalerep.business.site)

Jadikan liburanmu bersama keluarga menjadi pengalaman nggak terlupakan dengan mengunjungi 3 desa wisata di Jawa Tengah ini.

Inibaru.id – Akhir pekan merupakan saat yang paling ditunggu untuk berlibur. Nah, salah satu destinasi wisata yang wajib banget kamu coba sambangi adalah desa wisata. Mengunjungi jenis tempat wisata yang satu ini tentunya bakal memberi pengalaman yang berbeda.

Nggak cuma menyajikan panorama yang memukau, desa wisata juga memiliki budaya lokal yang unik. Dijamin deh, kamu dan keluarga bakal seru-seruan. Mau tahu desa wisata keluarga yang ramah kantong di Jawa Tengah? Simak deretan tempat wisata berikut ya.

Desa Wisata Panusupan

Wisatawan menikmati keindahan Curug Karang di Dusun Pagelaran, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Minggu (16/4/2017). (via Tribunnews) 
Wisatawan menikmati keindahan Curug Karang di Dusun Pagelaran, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Minggu (16/4/2017). (via Tribunnews) 

Kamu yang tinggal di Purbalingga dan sekitarnya, bisa banget mengunjungi Desa Wisata Panusupan. Keindahan alam desa wisata ini bakal membius dan mengajakmu melupakan semua kepenatan selama sepekan.

Terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Desa Wisata Panusupan mempunyai hawa sejuk. Hal ini wajar karena desa wisata ini berada di Dataran Tinggi Dieng. Di sini, kamu juga bakal menemukan berbagai spot yang instagenik.

Untuk masuk ke sini, siapkan kocek Rp 5.000 per orang. Murah kan? Biaya parkir juga terjangkau kok yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep. (dok. Kemenparekraf via Kompas)
Desa Wisata Lerep. (dok. Kemenparekraf via Kompas)

Pengin berlibur seru tapi nggak mau keluar dari Kabupaten Semarang? Desa Wisata Lerep jawabannya. Berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, desa ini terletak pada area perbukitan dengan pemandangan Gunung Ungaran yang ciamik.

Alam yang asri serta kesejukan Air Terjun Indrokilo bakal bikin kamu betah. Eits, selain itu terdapat beragam keunikan budaya di desa ini seperti tradisi iridan, sadranan dan lainnya. Nggak salah deh kalau Desa Wisata menjadi salah satu destinasi unggulan Jawa Tengah Lebaran lalu seperti yang pernah diberitakan Kompas.com (3/4/2022).

Kamu bisa mengunjungi Desa Wisata Lerep setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol Rp 20.000–Rp 25.000.

Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo di Magelang. (dok. Desa Wisata Candirejo via Kompas)
Desa Wisata Candirejo di Magelang. (dok. Desa Wisata Candirejo via Kompas)

Bingung mau ngapain lagi habis dari Borobudur? Melipir ke Desa Wisata Candirejo saja, Millens! Tempat wisata ini terletak nggak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya hanya berjarak 3 km. Selain itu desa ini juga menghadirkan pemandangan alam yang sangat indah serta budaya jawa masyarakat sekitar yang masih sangat kental.

FYI, daya tarik wisata alam yang ada pada desa ini berupa Watu Kendil, hamparan sawah dan pemandangan Pegunungan Menoreh. Sementara itu, kamu juga bisa menyaksikan wisata budaya dengan melihat aktivitas masyarakat sekitar desa. Jangan lupakan juga wisata edukasinya ya.

Harga tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 per orang. Kalau masih bingung mau ngapain, kamu bisa lo memilih aneka paket wisata menarik di desa ini.

Tips Berlibur bersama Keluarga agar Seru dan Berkesan

Berlibur sendiri mungkin menyenangkan, tapi jika dilakukan bersama keluarga tentunya semakin mengasyikkan. Nah, buat kamu yang bakal berlibur bersama keluarga, sebaiknya pertimbangkan tips di bawah ini agar semuanya lancar dan memberikan kesan tersendiri.

1.       Siapkan Ittinerary yang ramah keluarga, baik dari segi bujet, keterjangkauan lokasi, dan waktu.

2.       Daftar semua kebutuhan selama berlibur termasuk obat-obatan.

3.       Pilih transportasi dan penginapan yang nyaman serta sesuai bujet.

4.       Pilih waktu perjalanan malam hari jika tempat wisata jauh agar anak-anak dan orang tua dapat beristirahat.

5.       Bawa camilan favorit keluarga biar tidak sebentar-sebentar berhenti untuk mencari camilan.

6.       Pilih tempat wisata khas daerah.

7.       Abadikan momentum liburanmu sebagai kenangan berkesan di kemudian hari.

Jadi, sudah siap untuk melepas penat dan bersenang-senang bareng keluarga tercinta, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)